1. Ada seorang pria yg hidup dijaman jahiliyah dg sepuluh istrinya namun stelah Nabi Muhammad SAW datang dg ajaran jarannya, pria itu masuk islam dg istri-istrinya kemudian nabi memerintah kepadanya untuk memilih empat dari yang sepuluh.
Bagaimana kalau pria itu mati sebelum mencerai istrinya yg enam, istri yg mana yg berhak mendapat harta warisan? Dg istri yg mana akan berkumpul disurga kelak dan apakah Iddah seluruh perempuan tersebut ? (Taufiq Umar XII A SMAP)
Jawaban : _____________________________
Sebelumnya aku jelaskan dulu bahwa pria yg kamu maksud itu adalah Sahabat Ghailan Bin Salamah Al-Tsaqafy sebagaimana Hadits berikut :
وأخرج الشافعى وابن ابى شيبة واحمد والترمذى وابن ماجة والنحاس فى ناسخه والدر قطنى والبيهقى عن ابن عمر أن غيلان بن سلمة الثقفى اسلم وتحته عشر نسوة فقال له النبى صلى الله عليه وسلم " امسك منهن أربعا وفارق سائرهن " ۰اﻫ فتح القدير ١/٤٢٤
Kalau seperti itu kejadiannya maka istri yg sepuluh tadi sama sama tidak ada yg mendapatkan warisan artinya bagian mereka yg seperempat atau yg seperdelapan ditangguhkan (Mauquf) sampai ada rekonsiliasi (Shuluh) diantara mereka kemudian dibagi rata atau ada yg lebih tinggi dan lebih rendah. Begitu juga dalam persoalan Iddah masing masing dari mereka wajib menjalaninya sesuai kewajibannya artinya kalau hamil dg melahirkan, kalau tidak hamil dg menunggu selama empat bulan sepuluh hari, kalau pernah haid dg tiga kali dan sterusnya sesuai dg ketentuan yg diterangkan didalam bab Iddah. Hal ini terjadi bukan berarti boleh berpoligami lebih dari empat akan tetapi semata mata karena melihat Dhohirnya saja karena Sang Suami meninggal dunia sebelum menjatuhkan pilihan pada empat orang dari istrinya yg sepuluh.
( فائدة ) يتصور اجتماع اكثر من اربع زوجات كما لو اسلم الكافر عن عشر مثلا واسلمن معه ومات قبل اختيار وكما لو طلق اربعا رجعيا وادعى اخبارهن له بانقضاء العدة فانكرن والحال ممكن فتزوج اربعا آخر ومات وعدة أولئك بدعواهن باقية ففرض الزوجية فى المسئلتين موقوف بين الجميع حتى يقع الصلح بينهن بقسمة بتساو او تفاضل فالزيادة عن الأربع بحسب الظاهر فقط وفى الحقيقة الوارث اربع فى ضمن هؤلاء۰اﻫ قوت الحبيب الغريب ١٨٨
Tentang dg siapa ia di surga, ya tentu dg yg 10 orang tadi, wong dihukumi istrinya semua kok terbukti harus mengadakan Shuluh. Apalagi ada hadits yg menerangkan bahwa setiap laki-laki akan dikawinkan dg empat ribu perawan, delapan ribu janda dan seratus bidadari. Wallahu A’lam Bissawab.
(وَلَهُمْ فِيْهَا أَزْوَاجٌ) من الحور وغيرها (مُطَهَّرَةٌ) من الحيض وكل قذر (وَهُمْ فِيْهَا خَالِدُوْنَ) ماكثون ابدا لا يفنون ولا يخرجون (قوله وغيرها) اى نساء الدنيا فقد ورد أن نساء الدنيا يكن اجمل من الحور العين وقد ورد أن كل رجل يزوج بأربعة آلاف بكر وثمانية ايم ومائة حوراء ۰اﻫ حاشية الصاوى ١/١٧
2. Saya ingin bertanya, katanya kalau orang meninggal dunia dihari jum’at selamat dari siksa kubur.
bagaimana kalau ada orang mati dihari jum’at dg cara bunuh diri, apakah orang tersebut bisa selamat dari siksa kubur ? Mohon penjelasannya ! (Noer Azizah X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Emang bener gitu, Kok katanya…, Gimana kamu ? ada haditsnya kok, sebelum pertanyaanmu dijawab, yg harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah perbedaan antara Fitnah Kubur dan Adzab Kubur (siksa kubur), Fitnah kubur itu adalah pertanyaan malaikat kepada mayyit kalau Adzab kubur adalah siksaan yg akan diterima mayyit karena tidak mampu menjawab pertanyaan malaikat
( فائدة ) ورد أن من مات يوم الجمعة او ليلها امن من عذاب القبر (قوله امن من عذب القبر) قال فى التحفة وأخذ منه أنه لا يسئل وإنما يتجه ذلك ان صح عنه صلى الله عليه وسلم او عن صحابى إذ مثله لا يقال من قبل الرأى ومن ثم قال شيخنا يسئل من مات برمضان او ليلة الجمعة لعموم الأدلة الصحيحة اﻫ والفرق بين فتنة القبر وعذابه أن الأولى تكون بامتحان الميت بالسؤال واما العذاب فعام يكون ناشئا عن عدم جواب السؤال ويكون عن غير ذلك ۰اﻫ اعانة الطالبين ٢/١٤٤
Kemudian tentang hukum bunuh diri sudah jelas Haram dan pelakunya diancam akan masuk neraka sebagaimana dalil berikut :
قال الله تعالى : ( وَلاَ تَقْتُلُوْا اَنْفُسَكُمْ اِنَّ اللهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيْهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيْرًا )
قال الواحدى فى تفسير هذه الأية : وذهب قوم الى أن هذا نهى عن قتل الإنسان نفسه ويدل على صحة هذا ما اخبرنا ابو منصور محمد بن محمد المنصورى بإسناده عن عمرو بن العاص قال احتلمت فى ليلة باردة وانا فى غزوة ذات السلاسل فأشفقت إن اغتسلت ان اهلك فتيممت فصليت بأصحابى الصبح فذكرت ذلك للنبى صلى الله عليه وسلم فقال يا عمرو صليت بأصحابك وانت جنب ؟ فأخبرته الذى منعنى من الإغتسال فقلت إنى سمعت الله يقول ولا تقتلوا انفسكم ان الله كان بكم رحيما فضحك رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم يقل شيئا ، فدل هذا الحديث على أن عمروا تأول هذه الأية هلاك نفسه لا نفس غيره ولم ينكر ذلك عليه النبى صلى الله عليه وسلم - عن جندب بن عبد الله عن النبى صلى الله عليه وسلم انه قال : ( كان فيمن كان قبلكم رجل به جرح فجزع فأخذ سكينا فحز بها يده فما رقأ الدم حتى مات قال الله تعالى بادرنى عبدى بنفسه حرمت عليه الجنة ) مخرج فى الصحيحين ( وعن ابى هريرة رضى الله عنه قال ، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من قتل نفسه بحديدة فحديدته فى يده يتوجأ بها فى بطنه فى نار جهنم خالدا فيها ابدا ومن قتل نفسه بسم فسمه فى يده يتحساه فى نار جهنم خالدا مخلدا فيها ابدا ) مخرج فى الصحيحين ( وفى حديث ثابت بن الضحاك قال ، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لعن المؤمن كقتله ومن قذف مؤمنا بكفر فهو كقتله ومن قتل نفسه بشيئ عذب به يوم القيامة ) وفى الحديث الصحيح : عن الرجل الذى آلمته الجراح فاستعجل الموت فقتل نفسه بذباب سيفه فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : هو من أهل النار ۰اﻫ الكبائر للذهبى ١۰٤١۰۵
Akan tetapi walaupun masuk neraka bukan berarti orang yg bunuh diri tadi akan kekal selamanya didalam neraka dan tidak akan diampuni dosanya oleh Allah SWT karena dosa sebesar apapun selain Syirik masih bisa mendapatkan pengampunan Allah SWT.
قال تعالى : إِنَّ اللهَ لاَ يَـغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَـغْفِرُ مَا دُوْنَ ذَلِكَ ، الأية.....
قال ابن رسلان فى الزبد :
يَغْـفِرُ مَا يَشَاءُ غَيْرَ الشِّرْكِ بِهِ خُلُوْدُ النَّارِ دُوْنَ شَكِّ
وقال الرملى الصغير فى شرحه : اى أنه تعالى يغفر ما يشاء من المعاصى غير الشرك أما هو فلا يغفره ومن مات مشركا فهو مخلد فى العذاب بالإجماع وخرج به غيره من المعاصى وإن كانت كبائر لم يتب منها فلا يخلد بها احد ممن مات مؤمنا فى العذاب ۰اﻫ غاية البيان ١٦
Kesimpulannya : karena orang yg mati bunuh diri masih dihukumi beriman (dg catatan ia tidak menghalalkan mati bunuh diri) maka jika secara kebetulan kejadiannya pada hari atau malam jum,at orang tersebut tetap aman dari Fitnah dan Adzab Kubur. Wallahu A’lam Bis Sawab. Tapi walaupun demikian kamu jangan coba coba BUNUH DIRI ya Nak ?
وفى الإحياء للغزالى ، قال صلى الله عليه وسلم : من مات يوم الجمعة او ليلة الحمعة كتب الله له أجر شهيد ووقي فتنة القبر أى وذلك بشرط الإيمان ۰اﻫ تنقيح القول الحثيث ٢۰
3. Bagaimana cara melangsungkan akad nikahnya Orang BISU ? (Sunarto XII A SMAP)
Jawaban : _____________________________
Namanya aja orang BISU (Bicara gak bisa tapi punya nafSU) yg jelas gak bisa melafalkan qabul (قبلت نكاحها و تزويجها بذلك) sebagaimana layaknya Orang Normal maka dalam hal ini Fiqih mengesahkan Nikahnya orang bisu dg memakai bahasa ISYARAH.
وينعقد نكاح الأخرس بإشارته التى لا يختص بفهمها الفطن وكذا بكتابته بلا خلاف على ما فى المجموع ۰اﻫ اعانة الطالبين ٣/٢٧٧
4. Kalau menjual barang yg najis itu kan sah jual belinya, Dan bagaimana hukum dari pupuk organik yg salah satu bahannya dari kotoran hewan ? (Ahmadi X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Karena pupuk organik adalah salah satu alternatif masyarakat ketika harga pupuk yg dikeluarkan pemerintah melambung maka, dalam hal ini Ulama KHILAF, Madzhab Syafi’e mengatakan tidak sah, Malikiyah mengatakan SAH. Jangankan Cuma kotoran hewan Bahkan kotoran manusiapun boleh dijual Cuma Makruh hukumnya. Jadi kamu ikut pendapat malikiyah aja..! Gitu aja kok repot..! hitung-hitung nambah penghasilan siapa tau Tai Sapi kamu banyak yg beli.
وأجاز بعض المالكية بيع النجاسات التى تدعو الضرورة الى استعمالها كالرجيع والزبل الذى يتخذ فى البساتين ولا بأس عند الحنفية ببيع روث ابهائم لتسميد الأرض ويكره بيع العذرة (رجيع الآدمى) والصحيح عندهم جواز بيع المتنجس كالزيت الذى خالطته نجاسة ۰اﻫ نظرية الضرورة الشرعية للزحيلى ٢٣١
5. Ada seseorang melakukan ibadah sedangkan orang itu tidak tau apakah yang dilakukan Talfiq atau tidak karena dia tidak tahu bagaimana yg sebenarnya menurut Syafi’eyah, Malikiyah, Hambaliyah dan Hanafiyah. Bagaimana ibadah yg dilakukan orang tersebut menurut perspektif islam ? (Siti Rahna VIII B MTs)
Jawaban : _____________________________
Kamu harus paham dulu apa yg dimaksud Talfiq. Talfiq itu adalah mencampur pendapat dua orang Imam dalam satu masalah yg nantinya masing masing dari dua orang Imam tadi tidak ada yg mengesahkan contoh : Ada orang yg wudlu tanpa menggosok anggota wudlu’nya dg men-Taqlid Imam Syafi’e dan menyentuh wanita yg bukan mahramnya dg men-Taqlid Imam Malik dan kemudian Shalat maka, Shalat orang ini tidak sah (batal) menurut pendapat kedua Imam diatas. Syafi’e tidak mengesahkan karena wudlu’ orang ini dihukumi batal setelah menyentuh PR yg bukan mahramnya. Malik membatalkan karena wudlu’ orang ini dihukumi batal alias tidak sah karena tanpa menggosok anggota wudlu’nya. Hukum Talfiq tidak boleh kecuali menurut Malikiyah yg membolehkannya tetapi hanya didalam urusan ibadah saja.
الخامس من شروط التقليد عدم التلفيق بأن لا يلفق فى قضية واحدة ابتداء ولا دواما بين قولين يتولد منهما حقيقة لا يقول بها صاحباهما واشتراط عدم التلفيق هو المعتمد عندنا وعند الحنفية والحنابلة واما عند المالكية فيجوز التلفيق فى العبادات فقط ۰اﻫ تنوير القلوب ٣٩٧
والقول بجواز التلفيق ونحوه من باب التيسير على الناس ۰اﻫ نظرية الضرورة الشرعية للزحيلى ٢٧٠
وكذا اذا توضاء ومس بلا شهوة تقليدا للإمام مالك ولم يدلك تقليدا للشافعى ثم صلى فصلاته باطلة لاتفاق الإمامين على بطلان طهارته (وقوله على بطلان طهارته) اى لأنه مس وهو مبطل عند الشافعى ولم يدلك وهو مبطل عند الإمام مالك ۰اﻫ اعانة الطالبين ٤/٢١٩
Kemudian tentang ibadah orang yg kamu tanyakan itu jika mengacu pada sebagian Ta’bir diatas dan berikut ini tetap dihukumi SAH oleh Fiqh walaupun tidak mengetahui terjadi Talfiq atau tidak dan tidak mengetahui siapa yg memfatwakan karena apa saja yg dikerjakan Orang Awam yg sesuai dg salah satu pendapat seorang Imam dihukumi SAH walaupun secara kebetulah dg alasan Al-a’my La Madzhaba Lah (Orang awam tidak punyak madzhab) .
ونقل الجلال السيوطى عن جماعة كثيرة من العلماء أنهم كانوا يفتون الناس بالمذاهب الاربعة لاسيما العوام الذين لا يتقيدون بمذهب ولا يعرفون قواعده ولا نصوصه ويقولون حيث وافق فعل هؤلاء قول عالم فلا بأس به – ومن قلد من يصح تقليده فى مسئلة صحت صلاته فى اعتقاده بل وفى اعتقادنا لأنا لانفسقه ولا نعده من تاركى الصلاة فإن لم يقلده وعلمنا أن عمله وافق مذهبا معتبرا فكذلك على القول بأن العامى لا مذهب له وإن جهلنا هل وافقه ام لا لم يجز الإنكار عليه ۰اﻫ بغية المسترشدين ١٠
قال الإمام ابن عبد السلام : ومن اقتدى بقول عالم فقط سقط عنه الملام ۰اﻫ فتاوى الشيخ المغربى المالكى ١٢٧
6. Assalamu’alaikum Saya mau nanya Ustadz, Dikatakan darah apakah darah yg keluar setelah keguguran, sedangkan yg keluar masih berupa segumpal darah ? (Halimatus Sa’diyah X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Kok sampai keguguran siih… dibawa ke dukun pijat yaaa? Darahnya dihukumi NIFAS karena walaupun yg keluar hanya segumpal darah oleh Ulama tetap dikatakan melahirkan.
والنفاس هو الدم الخارج عقب الولادة ومثل الولادة إلقاء العلقة وهى الدم الغليظ المستحيل من المنى سميت بذلك لأنها تعلق بما لاقته ۰اﻫ حاشية الباجورى على فتح القريب ١/١٠٩
7. Assalamu’alaikum, Alhamdulillah ternyata sekarang sekolah kita Al-in’am semakin hari tambaha maju dan beken dg akan diterbitkannya BULETIN edisi pertama dimana hal ini bisa menampung aspirasi dan karya – karya kami khususnya pertanyaan seputar agama yg terus mengganjal dibenak kami karena kami tidak peluang untuk bertanya. Ceritanya seperti ini, Sebut saja Mrs X dia itu punya suami dimana untuk memenuhi kebutuhan keluarga suaminya itu harus merantau ke Negri Jiran malaysia tapi sebelumnya suami tersebut berjanji disana hanya dua bulan, pada kenyataanya dalam waktu empat tahun tidak datang terus istrinya dibelakang menikah lagi dan dikaruniai anak. Setelah empat tahun lebih suaminya datang ke istrinya, memergoki sang istri sudah menikah lagi lantas suaminya (yg pertama) pergi tanpa mengucapkan Talaq, yg jadi pertanyaan :
a. Apakah sang istri itu dg suaminya yg kedua dihukumi berzina dan bagaimana statusnya mengingat sampai sekarang suaminya yg pertama belum menjatuhkanTalaq ?
b. Apakah anak dari suami yg pertama dg anak dari suami yg kedua mahram ?
c. Bagaimana tentang janji yg diucapkan suaminya yg pertama ?
Jawaban : _____________________________
a. Tidak dihukumi berzina dan nikahnya SAh dg catatan disaat akan menikah dg suami yg kedua dia dan walinya berdasarkan kabar dari orang yg dipercaya (Tsiqah) bahwa suaminya sudah men-talaqnya atau sudah mati kemudian anak yg dihasilkan dari pernikahan itu tetap Intisab kepada ayahnya (suami yg kedua) karena wati’-nya dihukumi wati’ syubhat. Akan tetapi karena suaminya yg pertama kenyataanya belum mati dan belum menjatuhkan Talaq maka hingga saat ini statusnya tetap sebagai istrinya yg sah. Artinya dg kedatangan suaminya dari perantauan pernikahan dg suaminya yg kedua langsung batal seketika dg sendirinya.
Catatan : jika pernikahannya dg suami yg kedua tidak dg Ikhbaru Tsiqatin maka wati’nya dihukumi zina dan anak yg dihasilkan tidak Intisab pada ayahnya.
(مسئلة) اخبرها ووليها عدل بطلاق زوجها او موته وصدقاه جاز لها أن تتزوج ولا اثم عليها ولا عقوبة وليس للقاضى أن يعترضها بخلافه هو فلا يجوز له تزويجها الا بالبينة ولو وصل الزوج وانكر الطلاق ولم تقم به بينة صدق بيمينه وتبين بطلان النكاح الثانى لكن وطؤه شبهة لا حد فيه والأولاد الحاصلون منه منسوبون الى الواطئ ونكاح الأول باق وعليها عدة الشبهة ۰اﻫ تلخيص المراد من فتاوى ابن زياد ٢١٣
b. jelas mahram doong wong ibunya satu orang. (dg catatan pada sub a)
والمحرمات اى المحرم نكاحهن بالنص اربع عشرة سبع بالنسب وهى الأم وان علت – والأخت شقيقة كانت او لأب او لأم ۰اﻫ فتح القريب ٤٥
b. Ya… yg namanya ingkar janji tentunya hukumnya DOSA, akan tetapi hal ini sama sekali tidak punya pengaruh apa apa terhadap hukum nikah PR tadi dg suaminya yg kedua karena yg jadi patokan adalah kepastian bahwa suaminya yg pertama sudah men-talaq atau sudah meninggal.
(ومن معاصى اللسان الغيبة – والخلف فى الوعد اذا وعده وهو يضمر الخلف) قال الله تعالى يأيها الذين امنوا اوفوا بالعقود قيل هى العقود التى يتعاقدها الناس بينهم قال الفيومى والخلف فى الوعد عند العرب كذب ۰اﻫ مرقاة صعود التصديق ٦٨-٦٩
8. Apakah betul bahwa saya ketika berpuasa dibulan Ramadlan boleh mengunyah makanan asalkan tidak ditelan ? Lantas bagaimana dg MEROKOK apakah tidak membatalkan juga pada puasa ? (D.Junaidi XII B SMAP)
Jawaban : _____________________________
Ya betul itu, kamunya aja yg gak percayaan cuma Makruh hukumnya bagi yg bukan JURU MASAK karena dihawatirkan tertelan, Kalo bagi juru masak baik laki laki atau atau perempuan maka hukumnya mubah.
(باب ما يكره فى الصوم) اى لاجله (وهو) عشرة على ما يأتى (مشاتمة) (وذوق الطعام) خوف الوصول الى حلقه (قوله خوف الوصول الى حلقه) اى او تعاطيه لغلبة شهوته ومحل الكراهة ان لم تكن له حاجة أما الطباخ رجلا كان إمرأة ومن له صغير يعلله فلا يكره فى حقهما ذلك قاله الزيادى ۰اﻫ الشرقاوى ١/٤٤٣-٤٤٥
Tentang masalah ROKOK apanya yg kamu ragukan Wong jelas didalam asap rokok ada a’innya terbukti dg adanya abu didalam pipa rokok (cangklong, madura) ya jelas membatalkan puasa dong.
(فائدة) لا يضر وصول الريح بالشم وكذا من الفم كرائحة البخور او غيره الى الجوف وان تعمده لأنه ليس عينا وخرج به ما فيه عين كرائحة النتن يعنى التنباك لعن الله من احدثه لأنه من البدع القبيحة فيفطر به وقد افتى به الزيادى بعد أن افتى أوّلا بعدم الفطر قبل أن يراه ۰اﻫ بغية المسترشدين ١١١-١١٢
9. a. Ada sepasang suami istri yg nikah setelah istrinya hamil istilahnya PKK (Perkawinan Karena Kecelakaan, se ekabin ngandung gellu ho ho ho…) dan ia melahirkan seorang anak perempuan setelah dewasa anak itu mau dikawinkan, Siapakah wali dari anak tersebut apakah ayahnya selaku wali mujbir atau langsung ditahkim?
b. Ada seorang laki-laki yg kawin lagi tanpa sepengatahuan istrinya yg pertama, agar tidak terjadi persoalan didalam keluarganya ia tidak pernah mengaku kalau sudah kawin lagi, dg begitu apakah ia jatuh Talaq dg istrinya yg kedua ?
c. Seumpama ada orang laki laki ditanya oleh temannya apakah kamu sudah berkeluarga atau masih bujangan? Ia menjawab, aku masih bujangan. Dg menjawab seperti itu apa ia jatuh Talaq ? (Ust. Moh. Manshur Ibnu Mas’ud, A.Ma)
Jawaban a : _____________________________
Yg menjadi wali dari anak itu adalah HAKIM dg alasan Zina tidak menyebabkan kemahraman bahkan anak yg dihasilkan dari zina boleh dikawin oleh bapaknya (az zani) .
يا سيديَ من وَلِيْ بنتِ الزنا لها أخ من امــها فَبَيِّـنَا
هل هى للحاكم او اخـيها لأنه معــصب لديــها
اقول والولي فى ذى المسئلة بلا خفا الحاكم يا ذا المعضلة
لأنه على الـذى تقـررا لما الـزنا لم تك حرمـة ترى
فليـس للأخ لـها الولاية فكـن لذا المسطور ذا دراية
۰اﻫ جواهر الصفا فى بعض فتاوى شيخنا طيفور على وفا ٣
للزانى نكاح ام من زنى بها ونكاح بنتها كما ان له نكاح المزنى بها نفسها ولأبيه وابنه نكاحها لأن الله تعالى امتن على عباده بالنسب والصهر فلا يثبت كل منهما بالزنا ۰اﻫ الباجورى ٢/١١٢-١١٣
Jawaban b & c :
Karena jawaban seperti itu termasuk KINAYAH maka jatuh Talaq jika diniati Talaq dan tidak jika tidak. (Ustadz.. belakangan pertanyaannya jangan nyindir lagi yaaa…..!)
مسألة : اذا قال لشخص انت عازب ام متزوج فقال عازب فهل تطلق زوجته ام لا ؟ واذا قيل له ألك زوجة فقال لا كاذبا ، تطلق ام لا ؟
اجاب : هو كناية ان نوى به الطلاق والا فلا ۰اﻫ ترغيب المشتاق ١٢٠
10. Tanpa mengurangi rasa hormat kami akan menanyakan sesuatu yg berhubungan dg fiqh, Kenapa seseorang yg dicerai 3X apabila mau Ruju’ si istri diharuskan bersuami lagi dan diwajibkan menjalani iddah padahal walaupun tidak ada iddah tetap tidak diperbolehkan Ruju’ ? (Mariyatul Qibtiyah X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Mengenai keharusan bersuami lagi sebelum Ruju’ itu sudah NASH Al-qur’an dan Hadits nak…. Jadi gak bisa diganggu gugat. Memang dari sononya kayak gitu.
قال تعالى : (فإن طلقها) اى ثلاثا (فلا تحل له من بعد حتى تنكح زوجا غيره)
Kemudian tentang Iddahnya dari suami yg kedua itu diwajibkan bukan hanya karena suami yg pertama mau Ruju’ tetapi untuk memastikan bahwa didalam rahimnya tidak ada peninggalan dari suami yg kedua, bahkan walaupun suaminya yg pertama tidak punya rencana Ruju’ jika dicerai oleh suami yg kedua tetap wajib menjalani IDDAH. Intinya setiap perceraian yg didalmnya terjadi Wathi’ ada IDDAH-nya, walaupun alasannya ada yg rasional (seperti untuk mamastikan kekosongan rahimnya, masih bersedih atas meninggalnya suaminya) dan irasional (Litta’abbud) seperti kewajiban ber-iddah bagi PR yg ditinggal mati suaminya sebelum Wathi’ . Wallahu A’lam Bissawab. Yg rajin belajar yaaa…. Jangan kebanyakan tidur…!
(قاعدة) كل فرقة من طلاق او فسخ بعد الوطء ولو فى الدبر او استدخال الماء المحترم يجب العدة ۰اﻫ الأشباه والنظائر ٢٦٨
(وشرعا تربص المرأة مدة يعرف فيها براءة رحمها بأقراء او أشهر او وضع حمل)..وكان الأولى للشارح ان يزيد او للتعبد او لتفجعها على زوجها فان كلامه قاصر على معرفة براءة الرحم فقط وعبارة غيره لمعرفة براءة رحمها او للتعبد او لتفجعها على زوجها والمغلب فيها التعبد بدليل عدم الإكتفاء بقرء واحد مع حصول البراءة به وبدليل وجوب عدة الوفاة وان لم يدخل بها ۰اﻫ الباجورى مع هامشه ٢/ ١٦٨
11. Di desa kami, tepatnya di desa Banjar Barat ada sebuah ladang yg kebetulan disitu ketika hujan turun masyarakat sekitarnya sering menemukan emas, Bagaimana hukum emas tersebut, Apakah menjadi hak milik orang yg menemukan atau pemilik ladang ?
(Asniyah X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Karena emas itu tidak ditemukan di tempat umum seperti jalan raya, masjid, madrasah atau Ardlul Mawat maka emas tersebut menjadi hak milik pemilik tempat dimana emas ditemukan jika diakui sebagai hak miliknya, jika tidak maka menjadi hak milik orang yg menemukan.
واذا وجد شخص بالغا كان او لا مسلما كان او لا فاسقا كان او لا لقطة فى موات او طريق فله اخذها وتركها ولكن اخذها اولى من تركها ان كان الآخذ لها على ثقة من القيام بها (قوله فى موات) او طريق ومنه الشارع فانه الطريق النافذ كما مر ومثله المسجد والرباط والمدرسة ونحوها من محال اللقطة وخرج بذلك ما وجد فى موضع مملوك فليس لقطة بل هو لمالكه ان ادعاه والا فلمن تلقى الملك عنه وهكذا حتى ينتهى الامر الى المحيى فهو له هذا هو المعتمد وقيل هو له ان ادعاه وان لم يدعه فهو لقطة كما قاله المتولى واقره فى الروضة ۰اﻫ الباجورى ٢/٥٢-٥٣
12. Ustadz, ada suatu hal penting yg akan saya tanyakan tentang Mahram. Begini, kebetulan saya punya kakek mertua yg sekarang kawin lagi. Bagaimana saya dg istri beliau ?
(Mazani XII A SMAP)
Jawaban : _____________________________
Istri kakek mertuamu yg baru itu bukan mahrammu, karena dia bukan nenek istri kamu yg dari Nasab atau radla’.
هذا هو اسبب الثالث وهو المصاهرة فيحرم على التأبيد اربع احداهن أم امرأتك وكذا جداتها بمجرد العقد سواء فى ذلك من النسب او الرضاع لقوله تعالى " وأمهات نسائكم "۰اﻫ كفاية الأخيار ٢/٥٧
13. Assalamu’alaikum Pak kiai, Saya ingin bertanya soal Tasawwuf yg membahas tentang Zuhud, saya mendengar ari guru saya bahwa sanya zuhud itu titik tekannya pada dunia, Apa itu benar dan bagaimana penjelasannya ? (Muzdalifah X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Ya benar. Lebih jelasnya gini, Zuhud itu adalah dg menjaga hati agar tidak cinta dunia dan terpesona akan keindahannya bukan tidak mengerjakan sesuatu yg ada kaitannya dg dunia seperti berdagang, bertani dan bentuk bentuk mata pencaharian yg lain. Artinya zuhud itu bukan tidak bekerja mencari nafkah apalagi kalau sudah punya anak dan istri.
وحقيقة الزهد فى الدنيا هو ترك الميل اليها بالمحبة لا بخلو اليد من الدنيا لعدم نهى الشارع عن التجارة وعن عمل الحرف ولا قائل بذلك – ثم لا يخفى ان الزاهدين ما زهدوا حقيقة الا فيما لم يقسم واما ما قسم لهم فلا يصح لأحد الزهد فيه بأن يتركه وانما الزهد فيه يكون بترك الميل اليه عادة بحيث لا يبخل به عن مستحقه ولا يشتغل به عن ربه ۰اﻫ المنح السنية على الوصية المتبولية ٤
اما المعيل فلا يـجوز قـعوده عن مكسب لعياله متوكلا
14.Assalamu’alaikum. Gini, saya memiliki yg sangat mengganggu pada ketenangan, kedamaian jiwa. Kata sang penindas “ Setiap ada gerak itu akan hancur / mati “. Apakah kelak disurga kita akan hancur lagi? kan disana ada gerak dan setiapa gerak itu akan musnah contoh manusia, pohon dll.
(Anshori Sapu jagat XII A SMAP, Ketua Umum Sanggar Conglet)
Jawaban : _____________________________
Masalah kecil kaya’ gini udah bikin lo pusing..? Pantesan sering kulihat wajahmu redup kaya’ Conglet. Makanya jangan keseringan baca Sang Penindas Ntar hatimu btul2 ketindas. Gini Kalau disurga orang akan mati lagi berarti gak ada gunanya doong masuk surga. Katanya Surga tu balasan bagi mereka yg beriman n beramal baik, masak sudah susah susah gitu di dunia setelah berhasil dimasukkan ke surga hanya untuk di MATI-kan lagi. Selain itu kalo disana orang mati lagi bararti Allah Bohong dong, Tuhan kok bo’ong..? itu mustahil. Karena Firman-Nya
كل نفس ذائقة الموت
Artinya : Setiap jiwa akan mencicipi yg namanya maut (satu kali dan tidak akan pernah mati lagi). Untuk lebih jelasnya bacalah dalil berikut…!
(وَلَهُمْ فِيْهَا أَزْوَاجٌ) من الحور وغيرها (مُطَهَّرَةٌ) من الحيض وكل قذر (وَهُمْ فِيْهَا خَالِدُوْنَ) ماكثون ابدا لا يفنون ولا يخرجون (قوله وغيرها) اى نساء الدنيا (قوله وكل قذر) اى كالنفاس والبصاق والمخاط وليس فى الجنة إنزال ولا حمل ولا ولادة وليس الأكل والشرب عن جوع وظماء (قوله لا يفنون) اى ولا يمرضون ولا تبلى ثيابهم ولا يفنى شبابهم (قوله ولا يخرجون) اى لقوله تعالى " وما هم منها بمخرجين ۰اﻫ حاشية الصاوى ١/١٧
و أخرج البخارى ومسلم وغيرهما عن ابن عمر عن النبى صلى الله عليه وآله وسلم قال : يدخل اهل الجنة الجنة واهل النار النار ثم يقوم مؤذن بينهما يا أهل النار لا موت ويا أهل الجنة لا موت كل هو خالد فيما هو فيه. ۰اﻫ فتح القدير للامام على الشوكانى ١/٥٥-٥٦
Kesimpulannya, di surga itu jangankan mati sakit aja kaga’. Kemudian tentang buku Sang Penindas yg You baca, kalo aku sih husnud dzon aja cz maksud buku itu “ setiap gerak yg ada dibumi suatu saat akan hancur juga “ dan ini sesuai dg Firman Allah SWT.
كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ وَيَبْـقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُوْ الْجَلاَلِ وَاْلإِكْـرَامِ
15.Ust. Aku mau tanya, Gini ketika aku pulang kerumah waktu nenekku meninggal aku nangis disampingnya dan aku mencium wajah nenek untuk yang terahir kalinya, tapi aku kaget ketika kerabatku yg lain bilang padaku, kalau mencium nenek itu tidak boleh nangis karena mereka takut air mataku jatuh ke wajah nenek. Emangnya kalau air mataku jatuh kewajah nenek air mata itu jadi apa di akhirat nanti? (Imam Santoso X SMAP)
Jawaban : _____________________________
Sebelumnya aku ucapkan Innaa Lillahi Wa Innaa Ilaihi Raji’uun semoga arwah nenekmu tenang disana dan dosa-dosanya diampuni oleh Allah. Oya nak… tentang mencium orang yg sudah mati (yg sama jenis atau tidak tapi mahram) baik kerabat dekat atau bukan hukumnya diperbolehkan didalam islam karena hal seperti ini pernah dikerjakan Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq kepada Baginda Rasul SAW. Disaat beliau meninggal dunia. Hukum menangisinya juga demikian. Mengenai air matamu entah ya.. jadi apa ya..? jadi Es Batu kali.
الحديث الرابع عن عائشة (ان ابا بكر دخل فبصر برسول الله صلى الله عليه وآله وسلم وهو مسجًّى ببرده فكشف عن وجهه واكب عليه فقبـله) رواه البخارى وانسائى والامام احمد بن حنبل ، وهو يفيد مشروعية تسجية الميت قال النواوى وهو مجمع عليه وحكمته صيانته من الإنكشاف عن الاعين قال اصحاب الشافعى ويلف طرف الثوب المسجى به تحت رأسه وطرفه الآخر تحت رجليه لئلا ينكشف منه قال وتكون التسجية بعد نزع ثيابه التى توفى فيها لئلا يتغير بدنه بسبها (وقوله فقبله) يفيد جواز تقبيل الميت تعظيما وتبركا لأنه لم ينقل ان احدا من الصحابة انكر على ابى بكر رضى الله عنه فكان اجماعا ويؤيده ما ثبت عند الترمذى وصححه وابن ماجه والامام احمد بن حنبل " ان النبى صلى الله عليه وآله وسلم قبل عثمان بن مظعون وهو ميت " ۰اﻫ تعليقات احكام الاحكام ٢/١٧٦-١٧٧
ويجوز البكاء على الميت بغير ندب ولا نياحة لما روى جابر ان رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم قال يا ابراهيم انا لا نغنى عنك من الله شيأ ثم ذرفت عيناه فقال له عبد الرحمن بن عوف يا رسول الله أتبكى أولم تنه عن البكاء قال لا ولكن نهيت عن النوح۰اﻫ المهذب ١/١٣٩
سهر العيون لغير وجهك باطل وبكائهن لغير فقدك ضائع
۰اﻫ شرح الحكم ٢/١٠٠
16. Assalamu’alaikum. Kami ingin bertanya tentang Iddah Ust. Apa alasan Qaul jadid yg berpendapat bahwa iddahnya yg putus haidnya adalah sampai Sinnul Ya’si ? mengapa kok sampai sedemikian lamanya ? padahal pada hakikatnya tujuan dari pada Iddah itu adalah untuk meyakinkan atau mengetahui apakah didalam PR yg beriddah tersebut ada janinnya atau tidak. Mohon penjelasannya! (Hendri XII B SMAP)
Jawaban : _____________________________
Secara umum alasan Qaul Jadid adalah Firman allah yg berbunyi :
والمطلقات يتربصن بأنفسهن ثلاثة قروء
Akan tetapi hal ini bukan harga mati yg tidak bisa ditawar, ada Qaul Qadim yg difatwakan Imam Al-Barizi dari syafi’iyah yg mengatakan PR itu cukup menunggu dalam waktu 9 bulan kemudian menjalani Iddah selama 3 bulan sesuai dg ketentuan asalnya. (Tentang makna yg terkandung didalam wajibnya Iddah bacalah jawaban soal NO. 10)
(ومن انقطع دمها لعلة) لعلة (كرضاع ومرض تصبر حتى تحيض) فتعتد بالأقراء (او تيأس فبالأشهر) وان طالت مدة الإنتظار (او لا لعلة) تعرف (فكذا فى الجديد) تصبر حتى تحيض فتعتد بالأقراء او تيأس فتعتد بالأشهر (وفى القديم تتربص تسعة أشهر) مدة الحمل غالبا (وفى قول) من القديم (ابع سنين) اكثر مدة الحمل (وفى قول) مخرج عليه (ستة أشهر) اقل مدة الحمل لظهور امارته فيها وجبت الأقراء (ثم تعتد بالأشهر) اذا لم يظهر حمل .
(قول المتن تسعة اشهر) استدل له فى القديم بما رواه سعيد بن المسيب عن عمر قال البيهقى عاب الشافعى على من خالف أثر عمر وقال قضى به امير المؤمنين بين المهاجرين والأنصار ولم ينكر عليه فكيف يجوز مخالفته قال البارزى وافتيت
به لما فيه من دفع الضرر عن النساء لاسيما فى الشواب وكما فى التحيرة تعتد بثلاثة أشهر واعلم أن محصل اقوال القديم المذكورة اعتبار مدة الحمل الغالب او الأكثر او الأقل۰اﻫ قليوبى وعميرة على المحلى ٤/٤٢-٤٣
17.Ada seorang penjual kain yg meninggal dunia setelah memberi kesempatan khiyar kepada salah satu pembelinya. Bagaimana hukum khiyar-nya menurut Imam yg Empat dan tunjukkan dalilnya ? (Syafiq Mas’ud X SMAP)
Jawaban :
Menurut Aimmatus Tsalatsah (Malik, Syafi’I dan Ahmad) Khiyarnya tetap sah akan tetapi dipindahkan kepada Ahli waris. Menurut Abu Hanifah Kiyarnya batal dan barangnya menjadi hak milik pembeli (Musytari).
ومن ذلك قول الائمة الثلاثة ان من له الخيار اذا مات ينتقل الحق الى وارثه مع قول ابى حنيفة ان الخيار يسقط بموته وفى الوقت ينتقل الملك فيه الى المشترى فى مدة الخيار ان كان الميت البائع ۰اﻫ ميزان الكبرى ٢/٦٤
-Jika anda memiliki barbagai persoalan yang kerap kali berhubungan dengan hukum keagamaan, atau bahkan berkaitan dengan hidup kalian sehari-hari, jangan sungkan-sungkan, tanyakan langsung dan kirimkan naskah anda ke meja redaksi buletin Ijtihad, pastikan semua masalah anda akan terjawab tuntas.
:Ust. Mukhshi Mas'ud.
Minggu, 02 Agustus 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar